Home » » Cara Pasang Favicon di Blog

Cara Pasang Favicon di Blog

Memasang favicon diblog tentu semua blogger udah tahu semua, tapi yang belum tahu mungkin tips ini bisa membantu. Favicon adalah sebuah gambar kecil atau icon yang akan tampil di address bar atau tab bar pada web browser seperti ini :
Logo Firefox tersebut aslinya sebenarnya Logo Joomla saya ganti dengan logo firefox :).

Untuk membuat sebuah favicon, sobat buat dulu logo yang dikehendaki, lebih bagus hasil karya sendiri jadi secara langsung favicon tersebut dapat menjadi identitas blog/web sobat. cara buat favicon untuk blog sangat gampang yaitu bisa memanfaat kan photoshop, logonya kira-kira ukurannya 30pixel x 30pixel lalu simpan dengan format JPEG, GIF atau PNG trus upload gambar sobat ke hosting tempat file foto gratisan, misalnya di Tinypic.com silahkan daftar di situs tersebut, sebenarnya gak daftar bisa tapi biar lebih terorganisir file kita sebaiknya daftar..

Upload Favicon sobat dari komputer, misalnya setelah proses selesai lalu ambil kodenya (lihat gambar dibawah) copy kode yang terletak paling bawah.
Lalu di pastekan di Url kode ini :
<link href='URL Favicon anda' rel='shortcut icon'/>
Hasilnya seperti ini
<link href='http://129.tinypic.com/4rykqf.jpg' rel='shortcut icon'/>

Nah untuk menempatkan favicon itu diblog sobat caranya  silakan masuk pada TATA LETAK (layout) EDIT HTML dan jangan lupa centang Expand Template Widget. Lalu silakan anda cari kode  </head> bila susah tekan CTRL F, setelah ketemu letakan kode URL favicon sobat tepat diatas kode </head> hasilnya seperti ini

<link href='http://129.tinypic.com/4rykqf.jpg' rel='shortcut icon'/>
</head>

lalu simpan template, maka favicon baru berlogo Blogger akan diganti menjadi favicon milik sobat.

Jika cara yang diatas tidak bisa soalnya kateristrik template bisa berbeda , ada cara lain yaitu, dengan menggunakan kode ini :
<link href='URL Favicon Blog Sobat' rel='shortcut icon'/><link href='animated_favicon1.gif' rel='icon' type='image/gif'/>

<link href='http://129.tinypic.com/4rykqf.jpg' rel='shortcut icon'/><link href='animated_favicon1.gif' rel='icon' type='image/gif'/>
lalu cari kode  <head> letaknya paling atas template sobat, tepatnya seperti dibawah perhatikan penempatannya :

<head>
    <b:include data='blog' name='all-head-content'/>

<link href='http://129.tinypic.com/4rykqf.jpg' rel='shortcut icon'/>
<link href='animated_favicon1.gif' rel='icon' type='image/gif'/>

<meta content='IE=EmulateIE7' http-equiv='X-UA-Compatible'/>
    <title><data:blog.pageTitle/></title>
    <b:skin><![CDATA[

Simpan template.

Catatan : Favicon diidentik dengan format icon, dimana gambar hasil kreasi sobat yang berformat JPEG, GIF atau PNG bisa di konvert ke format icon dengan mempergunakan favicon generator yang salah satunya disediakan situs www.favicongenerator.com silahkan kunjungi situsnya, atau pake software IconLev 0.06 silahkan di download softwarenya. namun itu tidak mutlak, saya pribadipun masih mempergunakan format JPEG, kecuali saya ingin favicon yang beranimasi baru mempergunakan jasa situs tersebut. Silahkan pilih sesuai selera sobat.
kalo ada saran kritik bisa tinggalkan pesan dibawah terima kasih....Happy Blogging :)

Ditulis Oleh : kabar kalianda ~ Blogger Kalianda

Sobat sedang membaca artikel tentang Cara Pasang Favicon di Blog. Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, dan jangan lupa untuk follow dan meninggalkan komentar sobat.

:: Cara Membuat Permalink disini ::

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan komentar dan Follownya untuk perkembangan blog ini. No Approval No Captcha. Langsung Muncul. Happy Blogging ^_^

Masukan URLPanjang Sobat:
 
Author : Kabar Kalianda | Sitemap | Feeds
Copyright © 2013. Blogger Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger