Home » » PALAWA, game sejarah Palagan Ambarawa Karya mahasiswa ITS

PALAWA, game sejarah Palagan Ambarawa Karya mahasiswa ITS

“Sejak gugurnya Letnan Kolonel Isdiman, Panglima besar jendral Soedirman merasa kehilangan perwira terbaik dan ia langsung turun ke lapangan untuk memimpin pertempuran”, hingga terjadilah Palagan (Pertempuran) Ambarawa melawan sekutu dengan pasukan dan senjata yang jauh lebih kuat.

Tahukah anda, hari Nasional apa yang diperingati pada setiap tanggal 15 Desember ? Dan mengapa hari itu termasuk hari nasional ? Tanggal 15 Desember adalah peringatan ‘hari Juang Kartika’. Sebelumnya tanggal ini diberi nama ‘hari Infanteri’.

Walaupun mungkin tak setenar dengan 10 Nopember, tanggal 15 Desember adalah merupakan hari yang perlu dikenang oleh masyarakat bangsa ini terutama peristiwa heroiknya. Karena pada hari itu adalah hari peringatan “Pertempuran Ambarawa”, pertempuran sengit dalam rangka mengusir penjajah dengan kekuatan yang jauh lebih sempurna.

angsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya.  Apalagi pahlawan yang mengorbankan jiwa dan raganya untuk meraih kemerdekaan. Bagaimanapun, kemerdekaan hari ini adalah tak lepas dari perjuangan dan tetesan darah mereka yang mengalir deras.  Semangat, perjuangan, pengorbanan dan keberanian mereka walaupun dengan bekal dan persenjataan minim untuk melawan musuh dengan persenjataan yang jauh lebih hebat adalah semangat yang perlu diteladani dan tetap hidup sepanjang masa. Pemerintah pun telah membangun monumen Palagan Ambarawa untuk mengenangnya. Artinya, saat inipun walaupun bangsa kita barangkali jauh tertinggal di berbagai bidang dibandingkan negara-negara maju, dengan semangat heroik dan pengorbanan yang tinggi akan mampu mengungguli mereka semua.
Di dalam game ini, pemain akan memerankan salah satu pejuang dalam Palagan Ambarawa. Misi-misi yang yang harus diselesaikan  sesuai dengan kronologi sejarah Palagan Ambarawa, yaitu:
  1. Pertempuran Magelang
  2. Insiden Desa Jambu
  3. Serangan Benteng Ambarawa
  4. Pertempuran Ambarawa
Di dalam game ini, suasana pertempuran berada di desa-desa dan di dalam benteng. Narasi teks dan video yang berhubungan dengan kronologis sejarah juga disisipkan di dalam game untuk menambah nilai historis serta menggugah patriotisme.

Inginkah anda menjadi salah satu tentara pada saat pertempuran heroik Palagan Ambarawa tersebut ?
Kalau di dunia nyata, jelas tidak mungkin, bukan ? Untuk itu game ini bisa anda coba.
Melarikan dirikah anda, atau nekad ? Menangkah anda atau kalah ?
Game ini dikembangkan oleh tim gabungan dari mahasiswa Sistem Informasi (sebagian besar) dan Teknik Informatika ITS serta pembimbing dari Teknik Informatika ITS. Waktu pengerjaan sekitar 2 bulan.
Kami berencana akan mempublikasikan game ini secara umum di website gameedukasi.com. Harapan kami, melalui game ini bisa menanamkan edukasi sebagai berikut:
  • Mengenal dan mengenang perjuangan para pahlawan dalam peristiwa Pertempuran Ambarawa
  • Menanamkan rasa cinta dan kebanggaan kepada tanah air dan bangsa.
  • Menumbuhkan rasa patriotisme.
yang dikemas dalam edukasi yang kreatif melalui game.
Semoga bermanfaat untuk bangsa !
======================================
Spesifikasi Game
Judul game : PALAWA, Palagan Ambarawa
Genre : First Person Shooter
Theme : Educational, Historical, war
Website : www.gameedukasi.com  
Tim Pengembang:
Koordinator : Satria Wibawa, Ika Nurhasanah
Level Design / Develop : Felix Handani, Febrian Wahyutama, Izzat Aulia Akbar
Multimedia : Nissyah Aghnia Operadini, Qorry Qurrota Ayun, Widiasa Wijaya, Mochamad Hafiz Anshori, Aditya Zulkifli
Pembimbing : Imam Kuswardayan S.Kom, MT
Kebutuhan Minimal:
Sistem Operasi : Windows 2000, XP, Vista, Seven dengan update DirectX terbaru
CPU : Pentium III 1Ghz, 512MB RAM, hard disk 400Mb
Graphics card : DirectX x9.0c compatible with 64Mb memory

Ditulis Oleh : kabar kalianda ~ Blogger Kalianda

Sobat sedang membaca artikel tentang PALAWA, game sejarah Palagan Ambarawa Karya mahasiswa ITS. Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, dan jangan lupa untuk follow dan meninggalkan komentar sobat.

:: Cara Membuat Permalink disini ::

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan komentar dan Follownya untuk perkembangan blog ini. No Approval No Captcha. Langsung Muncul. Happy Blogging ^_^

Masukan URLPanjang Sobat:
 
Author : Kabar Kalianda | Sitemap | Feeds
Copyright © 2013. Blogger Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger